* Bagi calon mahasiswa SAP FILKOM 2020/2021 yang belum memiliki tanda bukti lulus (sedang menempuh mata kuliah skripsi dan akan melaksanakan ujian dalam waktu dekat) tetap dapat melakukan pendaftaran dan seleksi SAP FILKOM 2020/2021 dengan membuat surat pernyataan yang formatnya bisa diminta pada contact person (CP) terlampir. Tanda bukti lulus wajib ditunjukkan pada saat daftar ulang jika dinyatakan lulus.
*Jika dalam waktu yang telah ditentukan tidak dapat menunjukkan bukti kelulusan D3, maka hasil kelulusan SAP calon mahasiswa akan ditunda di Semester Genap 2020/2021. Kemudian jika sampai periode pendaftaran Semester Genap 2020/2021 belum bisa menunjukkan bukti kelulusan maka kelulusan tes SAP Semester Ganjil TA. 2020/2021 akan dibatalkan.
PENDAFTARAN MAHASISWA BARU SELEKSI ALIH PROGRAM
FAKULTAS ILMU KOMPUTER SEMESTER GANJIL 2020/2021
Seleksi Alih Program (SAP) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijya dari Program Diploma 3 (D-3)/Politeknik atau yang sederajat ke Program S-1 melalui ujian daring yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya
Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan yang akan diterapkan sama dengan sistem pendidikan Program S-1 bagi mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMUB dengan menempuh perkuliahan kurikulum S-1 setelah penyetaraan mata kuliah berdasarkan transkrip program pendidikan sebelumnya (D-3), sehingga ijazah Sarjana yang akan diperoleh adalah Ijazah Universitas Brawijaya. Proses pendidikan dilaksanakan di kampus FILKOM Universitas Brawijaya dan diselengggarakan bersamaan dengan mahasiswa S1 reguler (perkuliahan diselenggarakan hari Senin - Jumat).
Program Studi
- Teknik Informatika (S1)
- Teknik Komputer (S1)
- Sistem Informasi (S1)
- Teknologi Informasi (S1)
- Pendidikan Teknologi Informasi (S1)
Persyaratan Umum
Calon mahasiswa yang akan diterima melalui Seleksi Alih Program FILKOM Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2020/2021 adalah:
- Lulusan Politeknik/Akademi/Program Diploma 3 (D-3)
- Mempunyai IPK>=2.75
- Calon yang ditugaskan dari suatu instansi sebagai mahasiswa tugas belajar harus telah mempunyai masa kerja dibidang keahliannya sekurang-kurangnya dua tahun dan IPK=2.75
Persyaratan khusus
- Teknik Informatika (S1) berasal dari lulusan (D-3) :
	- Teknik Informatika
- Manajemen Informatika
- Teknologi Informasi
 
- Teknik Komputer (S1) berasal dari lulusan (D-3):
	- Teknik Komputer
- Teknik Informatika
- Teknik Elektro (Bidang/minat Elektronika/Komputer)
 
- Sistem informasi (S1) berasal dari lulusan (D-3):
	- Manajemen Informatika
- Sistem informasi
- Komputer dan Sistem Informasi
 
- Pendidikan Teknologi Informasi berasal dari lulusan (D-3)
	- Teknologi Informasi
- Manajemen Informatika
- Teknik Informatika
- Sistem informasi
 
- Teknologi Informasi (S1) berasal dari lulusan (D-3):
	- Teknologi Informasi
- Manajemen Informatika
- Teknik Informatika
 
Pendaftaran
| Tanggal | 29 Juni – 29 Juli 2020 | 
Persyaratan
Berikut adalah tahapan pendaftaran Seleksi Alih Program (SAP) FILKOM Universitas Brawijaya:
- Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 29 Juli 2020
- Calon peserta login pada https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
- Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
- Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
- Pendaftar memilih Seleksi Alih Program FILKOM Sarjana, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
- Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id pada tanggal: 29 Juni – 29 Juli 2020
- Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN(13 digit);
- Biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
- Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Harap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
- Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
- Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Alih Program FILKOM Sarjana, termasuk mengupload berkas-berkas seperti pada daftar berkas di bawah :
	- Kartu identitas (KTP/SIM)
- Foto terbaru
- ljazah / SKL
- Transkrip nilai
- Form pernyataan apabila ijazah/SKL dan transkrip nilai masih dalam proses, unduh disini https://drive.google.com/file/d/1OLsX9mxMbXwSNvO9i2EDGoiU3PnIhgyQ/view?usp=sharing
- Bukti pembayaran
 
- Setelah pendaftaran selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Alih Program FILKOM Sarjana.
- Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian.
Tes Masuk
| Tanggal | 04 Agustus 2020 | 
| Waktu | 09.00 WIB | 
| Pelaksanaan | Daring melalui cat-tif.ub.ac.id | 
| Materi | Test Bidang : Teknik Informatika: 
 Teknik Komputer: 
 Sistem Informasi: 
 Teknologi Informasi: 
 Pendidikan Teknologi Informasi: 
 Psikotest | 
Pengumuman dan Daftar Ulang
| Pengumuman | 07 Agustus 2020 | 
| Pendaftaran Ulang | Mengikuti Jadwal Universitas Brawijaya | 
Biaya Pendidikan
Perincian Biaya Pendidikan tiap semester dapat dilihat seperti pada tabel berikut:
| Program Studi | Per-Semester | Satu Kali Bayar | 
| Kategori SPP | Kategori SPFP | |
| Teknik Informatika | Rp. 5.575.000 | Rp. 42.285.000 | 
| Teknik Komputer | Rp. 5.575.000 | Rp. 42.285.000 | 
| Sistem Informasi | Rp. 5.075.000 | Rp. 42.285.000 | 
| Teknologi Informasi | Rp. 5.075.000 | Rp. 37.285.000 | 
| Pendidikan Teknologi Informasi | Rp. 5.075.000 | Rp. 37.285.000 | 
Keterangan lengkap dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi Alih Program Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan alamat tersebut di atas.
Contact Person :
| Dwi Nur Indah Lestari, S.H | : | 0811 3225 7272 (WA Only) | 
| Hariyatul Fitriya, S.AB. | : | 0811 3225 4666 (WA Only) | 
