01_pemaparan_materi_oleh_Widhy_Kaprodi_TI
16:36

Open Talk Skripsi Prodi Teknologi Informasi

Keluarga Besar Mahasiswa Teknologi Informasi (KBMTI) menyelenggarakan acara open talk untuk pembahasan skripsi bagi mahasiswa Program Studi Teknologi Informasi (Prodi TI) yang berada di tingkat akhir pada Selasa (1/9/2020). Pembahasan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi google meet dengan narasumber Ketua Prodi TI Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom. Peserta yang bergabung adalam mahasiswa Prodi TI FILKOM dari angkatan 2016, 2017 dan 2018.

Materi yang disampaikan meliputi roadmap penelitian TI, peta profil lulusan Prodi TI, kecukupan penelitian skripsi TI dan tawaran topik penelitian skripsi. Diawal paparannya Widhy kembali mengingatkan visi dan misi Prodi TI yaitu enjadi program studi bereputasi internasional dalam bidang pengembangan dan pengelolaan teknologi informasi terintegrasi dan tepat guna, serta berperan aktif mendukung pembangunan bangsa melalui integrasi tri darma perguruan tinggi.

“Harapannya Prodi TI ini menjadi pencetak sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi terintegrasi dan tepat guna. Tidak hanya mengintegrasikan atau membuat atau merancang dan menyajikan sebuah sistem yang mengintegrasikan beberapa platform atau unsur-unsur teknologi mulai dari hardware, jaringan, software dan data saja. Tapi pemilihan teknologi terintegarsi tersebut harapannya bisa menjadi solusi yang tepat guna untuk organisasi,” jelas Widhy.

02_Penawaran_topik_skripsi_Prodi_TIVisi Misi tersebut kemudian yang menjadi dasar dalam menentukan penelitian di Prodi TI. Disampaikan Widhy topik penelitian utama Prodi TI mencakup kebaruan teknologi integrasi sistem, rekayasa integrasi sistem informasi, manajemen proyek integrasi teknologi informasi, keamanan informasi, integrasi teknologi informasi dalam bisnis, dan integrasi teknologi informasi dalam pemerintahan.

Mahasiswa bisa mengangkat skripsi dari topik penelitian utama tesebut dengan tetap memperhatikan kesesuaian dengan profil lulusan TI yang ingin dicapai usai menyelesaikan studi S1. Dimana profil lulusan TI terdiri atas empat yaitu perekayasa integrasi sistem, pengelola infrastruktur dan keamanan teknologi informasi, pengembang aplikasi berbasis layanan, serta pengelola data dan informasi. Dengan menentukan profil lulusan yang ingin dicapai, maka mahasiswa Prodi PTI dapat memilih mata kuliah yang disarankan untuk profil lulusan tersebut (dapat dilihat di Buku Pedoman Akademik FILKOM di https://bit.ly/dokumenFILKOM).

Untuk mengambil topik skripsi selain mempertimbangkan keselarasan antara mata kuliah dan profil lulusan yang dipilih perlu juga didukung dengan aspek kecukupan yang harus dipenuhi. Ada dua aspek kecukupan yang utama yaitu implementatif dan nonimplementatif. Implementatif cirinya artefak yang dihasilkan terkait dengan produk yang implementatif seperti produk software, perancangan atau produk hardware. Untuk penelitian implementatif bisa mencakup pengembangan, perancangan, konstruksi dan pengembangan lanjut. Sedangkan yang nonimplementatif hasilnya adalah analitik deskriptif terhadap sebuah teori yang diimplementasikan dalam sebuah studi kasus. Sesi pemaparan materi kemudian ditutup dengan penyampaian tawaran topik penelitian bidang TI dan dilanjutkan dengan tanya jawab. [dna]

Rekaman acara Open Talk Skripsi Prodi Teknologi Informasi dapat diakses di https://drive.google.com/file/d/17qYoCuO9U35fEFGIxJIbIDTb8tifU6kg/view

Materi presentasi dapat diunduh di https://drive.google.com/file/d/1OdoKuyTkFlUNCgiCBjE3dEMtfRmQeBHn/view

 

 

 

 

Share