01_Fajar_pada_Festival_Online_British_Council
06:17

Dosen FILKOM Narasumber Festival Online British Council

Fajar Pradana, S.ST., M.Eng. dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menjadi salah satu narasumber dalam acara festival online Culture Connects Us Vol.2 (CCU Vol.2). Untuk diketahui Culture Connects Us adalah festival online yang diselenggarakan oleh British Council di Indonesia dengan mitra dan komunitas di Indonesia dan Inggris Raya, suatu festival online yang terdiri dari rangkaian acara di bidang pendidikan, seni dan budaya. Pada CCU Vol. 2 yang diselenggarakan 22 Agustus – 19 September 2020 tersebut diadakan acara diskusi online sekali setiap minggu untuk membahas berbagai tema meliputi masyarakat inklusif dan kewirausahaan kreatif sosial, pendidikan dan sains, bahasa Inggris serta keterampilan, seni dan budaya. Narasumber yang dihadirkan terdiri atas para ahli, seniman, praktisi, tokoh masyarakat, wirausaha sosial, akademisi dan jurnalis.

Fajar mendapat kesempatan menjadi narasumber dalam diskusi online bertajuk “Peluang Magang Industri Saat dan Pascapandemi” bersama lima narasumber lainnya pada Selasa (1/9/2020). Mereka adalah perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, PT. Sewu Segar Nusantara dan Coventry University. Acara diikuti oleh lebih dari 300 peserta, terdiri dari 107 peserta yang bergabung di zoom dan 282 peserta yang mengikuti acara melalui live streaming facebook.

02_poster_Festival_Online_British_CouncilBeberapa materi yang disampaikan Fajar pada kesempatan tersebut meliputi latar belakang dan prosedur penyelenggaraan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) daring, penjelasan tentang portal JSI-Daring, kampus merdeka dan magang industri di FILKOM UB. Dijelaskan oleh Fajar bahwa pandemi covid-19 mendorong FILKOM UB, khususnya Jurusan Sistem Informasi (JSI) membuat kebijakan penyelenggaraan PKL secara daring. Ada tiga opsi PKL daring yang ditawarkan JSI FILKOM UB. Pertama PKL daring eksternal di perusahaan atau Usaha Kecil Mandiri (UKM) yang berkerjasama dengan JSI FILKOM UB. Kedua PKL daring internal FILKOM yaitu PKL dengan pekerjaan yang disediakan oleh pihak fakultas atau unit kerja didalamnya. Ketiga PKL daring internal mandiri, yaitu PKL dengan topik-topik tertentu yang disetujui oleh dosen pembimbing dan ketua program studi.

Untuk memudahkan proses PKL daring tersebut JSI FILKOM UB juga mengembangkan portal JSI daring. Portal JSI daring adalah website yang diperuntukkan guna menunjang proses akademik perkuliahan daring di JSI, termasuk didalamnya terdapat fitur lowongan PKL daring, pendaftaran dan panduan pelaksanaan. Dalam pelaksanaan penerapan PKL daring tersebut diakui Fajar masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi, antara lain masih kurangnya industri yang bersedia untuk menerima mahasiswa PKL daring karena masa PKL yang singkat (1 bulan), masih terdapat gap antara kebutuhan industri dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa dan PKL daring dirasa kurang memberikan pengalaman yang dapat melatih softskill mahasiswa. Harapannya dengan ikut berpartisipasi dalam acara tersebut akan didapatkan input positif dan memperluas kesempatan FILKOM untuk bekerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam upaya pewujudan penyelenggarakan pendidikan yang lebih baik. [dna]

 

 

Share