PEMERINGKATAN HASIL PENCARIAN BERITA OLAHRAGA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KEMIRIPAN DAN KEBARUAN BERITA PADA SEARCH ENGINE
Sigit Susanto Putro, Yoga Dwitya Pramudita, Maulana Abdillah, Iwan SantosoSaat ini search engine memainkan peran penting dalam megambil dan mengolah data dari website. Search engine menampilkan hasil berupa informasi yang diperingkat, dimana hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang diinputkan oleh penggunanya. Namun, hasil pencarian yang mirip dengan kata kunci belum tentu relevan dengan keinginan penggunanya. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi relevansi peringkat tersebut. Salah satunya dengan melihat kebiasaan user dari frekuensi klik terhadap link dokumen. Selain itu, konten yang diinginkan penggunaya bukanlah konten yang sudah lama melainkan konten yang baru. Salah satu contohnya adalah pengguna search engine ingin mencari berita olahraga terkait sebuah tim sepak bola. Output yang diharapkan oleh penggunanya tentunya adalah berita yang terbaru dan sesuai dengan keinginan penggunanaya. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan pendekatan pada sisi kemiripan antara kata kunci dengan dokumen, melihat kebaruan berita, dan frekuensi klik dari penggunanya. Hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan pendekatan gabungan diperoleh nilai 3,9 dari skala 1-5, sedangkan menggunakan pendekatan kemiripan memperoleh nilai 3,5. Dengan demikian user lebih puas dengan peringkat yang dihasilkan dari pendekatan gabungan dibandingkan dengan pendekatan kemiripan saja.