PENGEMBANGAN GAME EDUKASI CATCH THE FLAG

Ahmad Mursyidun Nidhom, Agusta Rakhmat Taufani

Abstrak

Education game adalah game yang khusus dirancang untuk mengajarkan suatu pembelajaran tertentu dan dapat membimbing pemainnnya dalam melatih kemampuan mereka, serta memotivasi mereka untuk memainkannya (Hurd and Jenuings, 2009). Catch The Flag game edukasi yang bergerak dibidang pengetahuan social, yaitu game yang mengenalkan tentang pengenalan bendera di Asia Tenggara yang nantinya akan dikembangkan ke bendera internasional. Pengenalan bendera biasanya dikenalkan secara klasik hanya melalui buku-buku, peta dan pengajaran guru di sekolah, namun kini penulis memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana utama mengembangkan pengenalan bendera secara menarik. Catch The Flag merupakan game yang mengandung unsur edukasi. Dengan pembuatan game edukasi seperti ini, pengguna akan lebih tertarik untuk bermain sambil belajar dibanding dengan hanya belajar saja. Pengembangan lebih lanjut bahwa game ini akan digunakan pada android. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan game edukasi dapat meningkatkan motivasi siswa lebih dari 50%, hal ini dibuktikan dengan presentase kenaikan persepsi motivasi yang dijaring dari angket

Keyword

Catch The Flag, Game Edukasi, android

PDF File

Tanggal Penting

Penerimaan Full Paper 14 Agustus 2016   6 September 2016

Pengumuman Penerimaan 14 September 2016  30 September 2016

Camera Ready 28 September 2016  5 Oktober 2016

Pelaksanaan SENTRIN 18 Oktober 2016