PENGEMBANGAN GAME EDUKASI CATCH THE FLAG
Ahmad Mursyidun Nidhom, Agusta Rakhmat TaufaniEducation game adalah game yang khusus dirancang untuk mengajarkan suatu pembelajaran tertentu dan dapat membimbing pemainnnya dalam melatih kemampuan mereka, serta memotivasi mereka untuk memainkannya (Hurd and Jenuings, 2009). Catch The Flag game edukasi yang bergerak dibidang pengetahuan social, yaitu game yang mengenalkan tentang pengenalan bendera di Asia Tenggara yang nantinya akan dikembangkan ke bendera internasional. Pengenalan bendera biasanya dikenalkan secara klasik hanya melalui buku-buku, peta dan pengajaran guru di sekolah, namun kini penulis memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana utama mengembangkan pengenalan bendera secara menarik. Catch The Flag merupakan game yang mengandung unsur edukasi. Dengan pembuatan game edukasi seperti ini, pengguna akan lebih tertarik untuk bermain sambil belajar dibanding dengan hanya belajar saja. Pengembangan lebih lanjut bahwa game ini akan digunakan pada android. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan game edukasi dapat meningkatkan motivasi siswa lebih dari 50%, hal ini dibuktikan dengan presentase kenaikan persepsi motivasi yang dijaring dari angket