PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE PADA KOMPETENSI PENGALAMATAN JARINGAN UNTUK SMK PROGRAM KEAHLIAN TKJ

M. ‘Ariful Furqon, Muladi, M. Zainal Arifin

Abstrak

Tujuan penelitian dan  pengembangan ini untuk mengembangkan game edukasi berbasis mobile pada kompetensi pengalamatan jaringan yang layak digunakan sebagai media pembelajaran suplemen untuk menunjang kegiatan pembelajaran.. Secara lebih operasional tujuan tersebut dirinci sebagai berikut: (1) untuk mendeskripsikan tanggapan ahli materi dan ahli media; (2) untuk mendeskripsikan tanggapan peserta didik perorangan, kelompok besar dan kelompok kecil; serta (3) untuk menganalisis kelayakan media yang dikembangkan. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli, diperoleh data bahwa media sangat layak dari segi aspek media pembelajaran dengan tingkat kelayakan 100% dan layak dari segi materi dengan tingkat kelayakan 75%. Pada uji kelayakan media pembelajaran pada peserta didik, diperoleh data bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran adalah 85% pada uji coba produk kelompok kecil dan 83% pada hasil uji pemakaian kelompok besar

Keyword

Game Edukasi, Penelitian dan Pengembangan, Pengalamatan Jaringan

PDF File

Tanggal Penting

Penerimaan Full Paper 14 Agustus 2016   6 September 2016

Pengumuman Penerimaan 14 September 2016  30 September 2016

Camera Ready 28 September 2016  5 Oktober 2016

Pelaksanaan SENTRIN 18 Oktober 2016