ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PUBLIKASI FOTO PRIBADI PENGGUNA PADA INSTAGRAM MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

One Safitri Waddinil Haq, Ari Kusyanti

Abstrak

Media sosial merupakan media untuk mendukung interaksi manusia, salah satunya dalah Instagram. Kurang lebih ada 400 juta aktivitas pada Instagram tiap bulan dan rata-rata foto yang diunggah tiap harinya lebih dari 80 juta. Banyaknya aktivitas pada Instagram menandakan tingginya keinginan pengguna untuk mengunggah foto pribadi pada Instagram.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna mengunggah foto pribadi pada Instagram berdasarkan dari model yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan oleh Ruud H. G. Koehorst dan Buckel & Thiesse. Data yang diperoleh dari survey sebanyak 271 pengguna Instagram aktif dengan rentang usai 16-24 tahun. Analisis faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi publikasi diri melalui foto yang diunggah pada Instagram adalah keuntungan yang dapat diperoleh dari pemanfaatan Instagram, resiko dan perasaan dapat mengontrol keamanan akun Instagram yang dimiliki

Keyword

Instagram, Self Disclosure, Structural Equation Modeling (SEM)

PDF File

Tanggal Penting

Penerimaan Full Paper 14 Agustus 2016   6 September 2016

Pengumuman Penerimaan 14 September 2016  30 September 2016

Camera Ready 28 September 2016  5 Oktober 2016

Pelaksanaan SENTRIN 18 Oktober 2016