Alham Fikri Aji SENTRIN 2024

alham-fikri-ajiAlham Fikri Aji Full information

Mohamed bin Zayed University of Artificial Intelligence, United Arab Emirates

Aji mengeksplorasi NLP yang efisien melalui model compression dan distillation, dan NLP untuk under-resourced languages. Hal tersebut melibatkan kurasi/konstruksi dataset, pembelajaran/adaptasi yang efisien data, zero-shot approaches, atau membangun model bahasa multibahasa. Saat ini, ia aktif dalam komunitas peneliti NLP di Indonesia dan Asia Tenggara. Sebelum bergabung dengan MBZUAI, Aji adalah seorang ilmuwan riset terapan di Amazon. Dia adalah seorang postdoctoral di Institute for Language, Cognition and Computation di University of Edinburgh. Selama masa postdoctoral dan Ph.D., ia telah berkontribusi pada proyek-proyek terkait NMT yang efisien, seperti Marian: a fast NMT framework and browser-based translation without using the cloud.

Selain NLP yang efisien, ia sekarang tertarik untuk mengembangkan dataset dan sistem untuk NLP multibahasa terutama untuk under-resourced languages. Aji juga turut memprakarsai IndoNLP, sebuah gerakan berbasis komunitas untuk memungkinkan dan memajukan penelitian NLP untuk bahasa-bahasa di Indonesia.

Sebelum terjun ke dunia AI dan NLP, Aji aktif dalam kompetisi pemrograman. Ia memenangkan medali perak mewakili Indonesia di Olimpiade Informatika Internasional 2010. Ia juga pernah bekerja di beberapa industri ternama seperti Apple (language engineer, 2015), Google (intern, 2017), dan terakhir di Amazon (applied scientist, 2021). Ia juga pernah bekerja di sebuah perusahaan rintisan di Indonesia yang bergerak di bidang AI percakapan.

Share

Tanggal Penting

Batas akhir Pengumpulan Full Paper 8 Juli 2024

Pengumuman Penerimaan 3 September 2024

Batas Akhir Registrasi Gelombang 1 9 September 2024

Batas Akhir Registrasi Gelombang 2 16 September 2024

Pnegumpulan Camera Ready 30 September 2024

Pelaksanaan SENTRIN 2024 15-16 Oktober 2024